Solar Water Pump System (Pompa Air Tenaga Surya)

Pendahuluan

Air adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, baik untuk keperluan hidup sehari-hari dari kebutuhan untuk minum & masak, keperluan sanitasi, dan untuk kebutuhan yang menunjang agrobisnis dan proses produksi.
Ketersediaan air yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut di atas, sering menjadi masalah, terutama pada daerah yang sumber air permukaannya sangat terbatas, atau air bawah tanahnya sangat dalam.
Meskipun teknologi dan peralatan pompa untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, tetapi pada daerah-daerah tertentu, ketersediaan tenaga penggerak pompa sering menjadi kendala, misalnya karena ketiadaan jaringan listrik PLN atau pada daerah yang sudah mampu menyediakan generator set (genset) tetapi sulit mendapat suplai BBM. Saat ini Teknologi Listrik Tenaga Surya (Solar Energy System) menjadi primadona yang diyakini dapat mengatasi hambatan tersebut di atas. Di wilayah tropis, cahaya matahari dapat diperoleh secara cuma-cuma sepanjang tahun, di mana saja, di tempat terpencil sekalipun. Jadi pemanfaatan Teknologi Listrik Tenaga Surya untuk menggerakkan pompa air sangatlah ideal.

Solar Water Pump Scheme

Keuntungan menggunakan pompa air tenaga matahari :

  • Sistem pompa air tenaga surya (PATS) hanya memerlukan energi sinar matahari untuk operasionallnya, jadi untuk selamanya tidak memerlukan biaya sepeser pun guna membayar tagihan listrik.
  • Pompa Air Tenaga Surya(PATS) akan tetap beroperasi meskipun cuaca mendung atau hujan sekalipun. Hal ini hanya berpengaruh terhadap debit.
  • Sistem Pompa Air Tenaga Surya dibuat dengan sistem operasional otomatis, jadi tidak memerlukan operator khusus untuk mengoperasikan pompa ini.
  • Pemeliharaan sistem  berkala hanya dilakukan terhadap kebersihan permukaan modul surya dan jaringan pipa.

Pada gambar  di atas, dapat dilihat skema Solar Water Pump System (Pompa Air Tenaga Surya). Dimana pompa mendapat pasokan energi langsung dari panel surya untuk memompa air hingga ketinggian (Head) dan jarak yang diperlukan.

Pada waktu pagi hingga sore hari dimana intensitas cahaya matahari cukup, secara otomatis pompa akan bekerja. Setelah sore hari saat cahaya matahari terus berkurang hingga berhenti (malam hari), pompa otomatis akan berhenti bekerja. Demikian seterusnya setiap pagi hingga sore pompa akan bekerja rata-rata 8 jam per hari untuk mengisi reservoir sesuai dengan kapasitas yang diperlukan.

Tidak direkomendasikan untuk menyimpan energi listrik dalam battery (akumulator), tetapi direkomendasikan menyimpan air dalam tangki penampung / tandon air (reservoir). Untuk membangun Sistem Pompa Air Tenaga Surya dengan desain dan anggaran yang tepat, diperlukan survey lokasi yang intensif guna mengukur jarak dan ketinggian (head) mulai dari sumber air, tangki penampung (reservoir), hingga daerah pelayanan serta kapasitas yang dibutuhkan untuk mensuplai area pelayanan (masyarakat pengguna).

Survey ini sangat diperlukan agar tidak terjadi  kesalahan dalam perhitungan desain yang sangat berpengaruh terhadap nilai investasi yang diperlukan.

Pumps Type and Specification

  • Rotor, stator, dan flexishaft tidak akan tersumbat oleh kotoran,
  • Memiliki daya tahan terhadap air payau, air berpasir, air berlumpur, cairan kental, cairan bersuhu tinggi, dan bahan kimia tertentu.
  • Penggunaan flexishaft akan membuat efisien putaran motor, tidak perlu pelumasan sambungan, mudah dipasang/dilepas, menekan biaya pemeliharaan, dan sangat andal,
  • Walaupun rotor berputar pelan, air tetap mengalir dan stabil. Hal ini tidak akan diperoleh pada pompa air centrifugal yang mensyaratkan tingkat putaran minimum tertentu agar air dapat mengalir.

Secara garis besar, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun suatu sistem pengadaan air yang menggunakan teknologi ini adalah sebagai berikut :

Sumber air, dapat berupa sumur bor, sumur dangkal, atau mata air. Apabila sumber air tersebut harus melalui proses pengolahan/treatment, maka instalasi pengolahan harus dihitung nilainya.
Instalasi Pompa Air Tenaga Surya, terdiri dari : panel surya, pompa, dan panel kontrol
Tangki penampung utama (reservoir), berupa tangki Fiberglass atau PE dengan kapasitas besar yang ditempatkan pada ketinggian tertentu, sehingga dapat mengalir ke wilayah/area pelayanan dengan sistem gravitasi.
Jaringan Distribusi, adalah jaringan pipa (PVC/HDPE/Steel) guna menyalurkan air dari tangki penampung ke area pelayanan/rumah penduduk.
Area Pelayanan, dapat berupa tangki penampung dengan kapasitas lebih kecil dari tangki penampung utama atau dapat juga langsung disalurkan ke rumah-rumah dengan dilengkapi water meter (seperti halnya sistem pelayanan PDAM).

Perbandingan nilai investasi dan biaya operasional sistem pompa listrik biasa dengan Solar Water Pump System (sistem pompa air tenaga surya), dapat dilihat dari chart di bawah ini:

Pompa listrik biasa dengan nilai investasi rendah, tetapi memerlukan biaya operasional setiap bulannya yang kian lama kian membesar.

Dari beberapa proyek pengadaan air bersih yang menggunakan pompa listrik konvensional, rata-rata kelangsungan sistem tersebut paling lama bertahan beroperasi adalah 4 s/d 6 bulan saja. Hal tersebut terjadi karena akibat rendahnya kemampuan dan kesadaran pihak pengelola dan pengguna sarana tersebut.

Contoh Perhitungan Aplikasi Pompa Air Tenaga Surya

Aplikasi Sistem Pompa Air Tenaga Surya TIDAK MENGGUNAKAN baterai sebagai cadangan energi. Aplikasi ini menggunakan tandon air yang banyak untuk menyimpan energi berupa air hasil pemompaan.

Contoh ilustrasi :
Di satu wilayah (Desa/Dusun) akan dipasang sistem pompa air tenaga surya, maka didapat data-data sebagai berikut :

– Jumlah Rumah : 60 rumah
– Jumlah rata per rumah : 3 orang
– Kebutuhan air setiap rumah : 1000 liter / rumah /hari
– Total kebutuhan air : 60 rumah x 1000 liter = 60.000 = 60 m3 / hari

Sebelum menentukan jenis pompa dan kebutuhan jumlah solar cell, ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah selisih ketinggian antara sumber air sampai dengan tandon air atau yang pada umumnya kita kenal dengan istilah HEAD POMPA

Dengan berpatokan kepada Head tersebut, maka kita dapat menentukan jenis pompa dan berapa jumlah solar cell yang akan dipasang, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air di wilayah tersebut.

Sebagai contoh di wilayah tersebut di atas, bahwa HEAD POMPA yang terukur adalah 20 meter.
Dari hasil kalkulasi data lapangan, maka spesifikasi /jenis pompa yang sesuai dengan kebutuhan (60 m3/hari dengan Head 20 meter), adalah :

Tipe Pompa : TYPE PS 1800 CSJ-5-8
Jumlah solar sel : 1800 Watt peak solar array

57 responses to “Solar Water Pump System (Pompa Air Tenaga Surya)

  1. Pingback: Mengenal Teknologi Pompa Air Tenaga Surya | Peaceful of My Life

  2. tlong dong no hp yang bisa kita hubungi

  3. klo pompa yg ukuran 1” setara dg pompa rumah tangga apa ada Gan?

    • Ukuran terkecil diameter pompa adalah 4″,
      Sedangkan pipa output untuk masing-masing jenis pompa berbeda diameternya.
      untuk type HR : dia. 1,25″
      untuk type C-SJ : dia. 1,5″
      untuk type PS-K : dia. >2″

  4. gan bs minta tolong drawing design untuk SOLAR CELL.
    tq…

    • Maaf, yang dimaksud itu desain apa?
      Desain system atau desain pompa?
      Karena Solar Water Pump System adalah suatu sistem yang terintegrate yang dipengaruhi oleh :
      1. Debit air yang diinginkan
      2. Head maksimal yang terukur
      3. Lokasi
      Untuk keterangan lebih lanjut, anda dpt menghubungi saya di nomor 081280209579 atau permanajaya@yahoo.com

      Terima kasih

  5. Saya akan mendistrubsikan air untuk 4000 orang per hari. Sumber air dijurang 70 meter. Sudah dinaikan dengan pompa piston sanchin. Untuk distribusi perlu pompa lorentz ukuran apa dan brp biayanya. Lokasi wilayah datar. Jadi sangat perlu head statis.

    • Dear Mr. Tjok Agung
      Yang dimaksud oleh anda adalah pompa pendorong…?
      Kalau air sudah dinaikkan dari jurang, apakah masuk dulu ke penampungan ?
      Kalau masuk dulu ke penampungan, kenapa tidak menggunakan sistem gravitasi saja.
      Dan jika wilayah nya relatif datar, anda bisa menggunakan struktur baja sebagai tower air, kemudian air dapat didistribusikan dengan system gravitasi.
      Terima kasih.

  6. PAK pramnjaya,mohon bimbingan nya pak….

  7. Mohon penjelasanya Bos kalo saya ingin pompa air dengan system solarsel untuk keperluan sirkulasi kolam bagaimana kira-kira butuh dana berapa ya
    Terimakasih.

    • Pompa yang digunakan pompa apa ?
      Berapa watt power pompa anda ?
      Operasional pompa anda berapa jam / hari ?

  8. mohon pejelasannya, untuk masalah operasional dan pemeliharaan pompa tenaga surya ini bagaimana ? trima kasih

    • Secara umum, tidak ada hal yang khusus dalam pengoperasian pompa ini.
      Pompa disetting dalam mode full auto, pagi hari saat solar cell terkenas sinar matahari, maka pompa secara otomatis beroperasi. Dan akan berhenti beroperasi apabila intensitas sinar matahari sudah tidak membangkitkan energi listrik pada solar cell.

      Yang utama dalam pemeliharaan adalah :
      1. Secara berkala harus dilakukan pengecekan jalur pipa air (tidak mampet)
      2. Secara berkala harus dilakukan pembersihan permukaan solar cell
      3. Secara berkala harus dilakukan pengecekan kabel-kabel dan konektor

  9. Sri Gunadi Marsad

    Sy butuh pompa air tenaga surya utk rumah tangga dengan kedalaman permukaan air tanah 50-60 m dan tinggi head pompanya 10-15 m. Tolong buatkan penawaran (quotation) kebutuhan sy tersebut di atas. Thx

  10. Sri Gunadi Marsad

    Kota serang, Banten, debit air per hari 2000 literan

  11. Sri Gunadi Marsad

    Kalo boleh tahu brp nilai investasi utk kondisi kebutuhan sy tsb, thx

  12. Kapasitas paling kecil adalah 5000 liter, nilai investasi sekitar 20jt an

  13. Sri Gunadi Marsad

    Ok thx!

  14. Informasi yang sungguh sangat menarik.
    Saya memiliki sawah di daerah pegunungan yang mana irigasi sulit di buat karena kondisi sawah berada di atas dari sumber air, teknologi Solar Water Pump System (Pompa Air Tenaga Surya) saya rasa bisa digunakan untuk menaikan air ke permukaan sawah. sayang sy tidak mengerti bagaimana menghitung kebutuhan air di sawah tsbt.

    • Insya Alloh saya bisa bantu untuk menghitung kebutuhan air nya Pak Tata.
      Mohon kiranya saya diinfokan berapa luas lahan dan elevasi area sawah tertinggi dari sumber air.
      Terima kasih

  15. Sangat menarik membaca ulasan pompa solar cell ini, tapi mohon info bagaimana kalau beberapa hari matahari tidak terbit karena musim hujan/mendung terus, alternatif apa yang bisa dilakukan agar tangki air tidak kosong. saya memerlukan air untuk operasional rumah kost sebanyak 30 KL/hari, mohon penjelasannya

    • Kita ada sebuah tambahan alat untuk backup power pada saat kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk mengoperasikan pompa dg catu daya solar cell
      Alat ini berfungsi layaknya sebuah trafo adaptor.
      Jadi alat tsb di konek ke jaringan listrik PLN, kemudian output nya di konek ke controller pompa ini

  16. Terima kasih infonya pak, selanjutnya saya sudah pasang submersible pump kira 3 – 4 tahun yang lalu. saya lupa daya watt pumpnya tapi kalau tidak salah antara 500 – 750 watt. Tandon air yang saya gunakan sebanyak 6 x 2500L. jika saya ingin menggunakan Solar cell kira-kira berapa besar Solar cell yang saya perlukan dan berapa biaya tanpa mengganti pompa yang sudah ditanam termasuk switch untuk back up PLN

    • Kedalaman sumur berapa meter ?
      Tinggi tandon berapa meter?
      Lokasi di mana?
      Berapa lama operasi pompa untuk mengisi tandon 6x 2500 liter?

  17. Sumur bor dengan kedalaman 12 pipa x 6, tandon air tertinggi (2 bh) : 12 meter, kedua 8 meter (2 (bh), dan terendah 4 meter, sistim pengisisan dari pompa ke tandon tertinggi, kemudian dari tandon tertinggi dengan grativasi turun ke bawah. dalam keadaan kosong (masih baru) memerlukan waktu 6 jam untuk mengisi 6 x 2500 liter. lokasi di kota medan.
    wassalam
    Ridwan

  18. saya sdh pakai pompa submersible dgn kapasitas air 5000 l/jam, jika ingin pakai tenaga surya gimana pak ?

  19. 55 meter, terima kasih pak…

    • Setiap hari pompanya menyala berapa jam?
      Bapak ada alamat email ? Nanti saya kirim harga nya via emal. Thanks

  20. 3-5 jam, jika butuh air lebih bisa sampai 10 jam, terima kasih pak, alamat email saya muhammadsyafransitumorang@gmail.com

  21. saya sangat tertarik dengan uraian bapak ttg pompa air tenaga surya (PTS), saat ini sy sedang bereksperimen dengan kolam kecil sblm diaplikasikan ke kolam yg lebih luas sebagai info saat ini sy menggunakan pompa air biasa tenaga listrik PLN hslnya tdk memuaskan selain boros biaya waktu penggunaanya pun terbatas blm lg klo ada pemadaman listrik bikin geram dahhh.
    pilihan saya ada 2 pompa tenaga angin ato PTS, dan sy pikir jauh lebih berguna menggunakan PTS.
    Maslahnya sy blm memahami cr kerja PTS unt digunakan sbg sirkulasi air unt 8 kolam.
    1. apakah PTS bisa lsg digunakan tanpa bantuan pompa air yg sdh sy punyai? (hny menambah instalasi pipa penyaluran)
    2. apakah sy tdk perlu PTS ckup menggunakan solar cell untuk menampung listrik untuk menghidupkan pompa yg sdh sy miliki?
    3.bisakah sy dibantu desain PTS yg cocok unt sirkulasi air kolam sy menggunakan PTS dgn kondisi 8 kolam ukuran terkecil 2×2 m” yg terbesar 6×4 m” ketinggian air kolam semuanya 1 m jarak antar kolam 1 – 4 m.
    volume air yg ingin sy sirkulasi 8000 lt selama min 8 jam sehari.
    unt pergantian air 1 minggu 1x dgn cr menyedot air dr sungai dgn jarak +/- 20 m dgn volume 20%-30% dr total vol air yg disirkulasi.
    total kebutuhan listrik pompa air saya 443 watt.
    4. mohon dibantu PTS yg cocok unt kebutuhan sy, dan brp dana yg hrs sy siapkan? Bgm cr sy memesan dan pembayaran dan pengiriman ke KALTIM?
    sebelumnya sy ucapkan trimakasih, mohon di email ke sy: alvonsi717@gmail.com

    • Ok pak Alvon, saya akan hitungkan kebutuhan untuk sistem yang sdh berjalan.
      Cuma satu hal yang harus bapak ketahui bahwa pompa kami tidak direkomendasikan menggunakan battery.
      Tetapi kalau memang dilokasi kolam bapak sdh ada jaringan PLN, bapak bisa gunakan Power Pack dari kami sebagai cadangan power dimana kondisi cuaca hujan atau mendung.

  22. Tlg infox. Sy hanya butuh air pd siang hari sj dgn debit 3 m2 / hari. Kedalaman sumur 6 m. Kira-kira berapa baiya yg saya perlukan utk pengadaan Pompa air tenaga surya.?

    • Menggunakan pompa tipe PS150
      Harga unit set (pompa, solar cell, controll panel, accesoris) sekitar 27 juta. Franco surabaya

    • Kalau untuk keperluan rumah tangga kami rasa masih mahal pak
      Harga paket pompa lengkap dengan solar cell dan accessories sekitar 50 juta

  23. Mohon info, kalau harga paket pimpa lengkap sollar sel untuk kebun rumput 20 ha. Dalam sumur 42 m, ada mesin dinamo 2500 watt. Air rencananya ditampung. Saya kurang paham debit airnya berapa.
    Kira kira biaya berapa ya pak? Lokasi ada di NTT. Mohon informasinya, frieska.ap@gmail.com

  24. Didik Eko Wirawan

    Selamat siang pak, informasi yang menarik, pak saya berencana akan membuat kolam ukuran 5m x 5m x 1m, sebanyak 25 kolam sekarang sudah ada 5 kolam, setiap hari saya perlu sekitar 15 m3, sumur bor yang akan saya siapkan 2 masing-masing kedalaman sekitar 25 m , mohon dibantu untuk kebutuhan saya tersebut, alamat email saya global.art.center.blitar@gmail.com

  25. saya kelola kontrakan ada 26 rumah keperluan per hari 50000liter air. Saya ada sumur bor tapi cashing hanya 2″. dalam sumur 25 m tinggi tandon 8 m. bisa bantu pa?

    salam
    irsan

  26. moho info pak,,,,rencana desa mau buat PAST dengan pengambilan air dari sungai dalam (head pompa)50 mtr, air rencna ditampung di koLam dengan jarak 1800mtr dan ukuran 40x50x7mtr….mohon infokan brpa nilai total pebuatan instalasi PAST ini…suwun…emailkan ke triyanto_alya@yahoo.com

  27. saya berniat membuat sumur bor di ladang saya luas areal 1 ha apa yang saya mesti beli….

  28. Syarif Hidayatullah

    Pak< apakah ada no hp yang bisa dihubungi ? Sy tertarik sekali dengan teknologi ini untuk areal persawahan di desa saya..

  29. Bisa minta no hp mas.tks

  30. Harga brapa?brapa berat panel nya.

  31. selamat pagi pak,
    mohon info dan jenis pompa apa yang digunakan untuk kedalaman 110 meter,kami baru pertama kali mau instal pompa tenaga surya ini

    • selamat malam.saya minta informasi harga pompa tenaga surya untuk dorong dgn jarak 120 meter dengan kemiringan 60 derajat

      • Debit yang dibutuhkan berapa kubik per hari dan untuk di daerah mana?
        Ini untuk keperluan pribadi atau proyek?

  32. Sumur bor dengan kedalaman 70 m, casing sumur 3″, Reservoir Penampung 200 m3 dengan tinggi bangunan 5m, sistim pengisian dari sumur bor ke reservoir, kemudian dengan grativasi turun ke sawah. Mohon dihitung kebutuhan untuk hal tersebut jika menggunakan pompa submersible tenaga surya (paket lengkap) jika ingin mengisi reservoir tersebut penuh dalam waktu 4 jam dan berapa biaya yang diperlukan.
    lokasi di Bireuen, Aceh.,,,, email saya… gdgtgh@gmail.com
    wassalam
    Yasri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s