Mengenal Teknologi Pompa Air Tenaga Surya

PATS atau Pompa Air Tenaga Surya adalah suatu sistem proses pemompaan air yang memanfaatkan energi sinar matahari sebagai sumber energi untuk menggerakkan pompa.

Energi sinar matahari diserap oleh rangkaian modul surya (solar cell), kemudian energi sinar matahari tersebut diubah menjadi energi listrik yang selanjutnya dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa.

Teknologi ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan di wilayah yang belum terjangkau listrik PLN. Malah sekarang ini teknologi PATS banyak diterapkan di pemukiman perkebunan kelapa sawit.

Dinas Cipta Karya malah sudah banyak menerapkan teknologi ini untuk mensuplai air bersih di wilayah yang cukup padat penduduknya tetapi memiliki sumber mata air yang sulit dijangkau dan dipakai secara bersama-sama.

PATS

PATS dengan tangki penampung

Mini PATS

Mini PATS

Struktur Platform Tangki Penampung

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar atau menghubungi langsung via email dan ponsel saya.

Detail penjelasan dapat anda klik di sini

email : permanajaya@yahoo.com

No HP : 0812 8020 9579

8 responses to “Mengenal Teknologi Pompa Air Tenaga Surya

  1. Michael Gerrard

    keeeerrrreeennnn Brrooo…. Laten we het doen van het project, de levering van schoon water voor menselijke gebruikers van water wordt meer gezonde …

  2. mas, boleh saya mohon ijin untuk mengkopi dan menggunakan karya tulis yang anda buat. karena saya sangat tertarik dengan masalah penggunaan solar cell sebagai sumber energi untuk penggerak pompa air. dan kalau ada info yang terbaru mengenai hal tersebut mohon bisa diberitau saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    by firman

  3. Mas Firman…silakan

  4. p permana, saya tertarik untuk mengaplikasi ini di program saya, bisa kita ketemuan atau minta no kontaknya….. trims

    • Saat ini saya masih di Manokwari, Papua.
      Saya kembali ke Jakarta tanggal 15 Agustus 2012.
      Kalau mau ketemuan boleh Pak, dimana ?
      Nanti saya akan jelaskan kembali mengenai sistem pompa tenaga surya seperti yang bapak inginkan.
      Terima kasih

  5. Pengetahuan yang berguna buat saya pribadi. Pertanyaan saya di mana saya bisa membeli solar cell itu? kira-kira berapa harganya ya? Trims.

    • Terima kasih kalau berguna buat anda.
      Mengenai dimana anda dapat membeli solar cell, saat ini sebenarnya banyak yang jual. cuma harus hati-hati karena saat ini banyak masuk produk China yang menawarkan harga murah. Tetapi kekurangannya adalah produk2 tsb tanpa standar yang jelas.
      Kalau paket Solar Water Pump System, saya sendiri menyediakan barang-barangnya berikut pemasangan.
      Kalau anda berminat, silakan kirim email ke : permanajaya@yahoo.com atau hubungi saya di 0812 8020 9579
      Thanks

  6. saya tertarik pd atikel anda, klo yang kapasitas kecil ( ujuran pipa 1 1/4”) apa juga menyediakan Gan??

Leave a Reply

